13 NAMA KLUB SEPAKBOLA TERANEH DI DUNIA

Nama klub adalah salah satu aspek yang paling penting dari sebuah pertandingan karena nama juga melambangkan identitas sebuah klub. Namun terdapat catatan sejarah sepakbola yang mengatakan jikalau sebuah klub boleh mengganti nama yang berbeda. Bahkan beberapa klub terbesar di dunia ini pernah memiliki nama lain sebelumnya, contohnya Arsenal.

Kita kembali kea bad ke-19 sejenak, The Gunners sebelumnya dikenal dengan nama Woolwich Arsenal. Nama ini diberikan lantaran klub ini dibentuk pada tahun 1886 oleh sekelompok pekerja berbasis Royal Arsenal di Woolwich, London.
Di sisi lain, klub sekaliber Manchester United pun memiliki sejarah yang sama.

Pada tahun 1878, Setan Merah dibentuk dan diberi nama Newton Heath. Namun nama tersebut tidaklah terdengar aneh. Faktanya di dunia ini, terdapat beberapa klub sepakbola dengan nama yang sangat aneh sehingga setiap kali bertanding dengan mereka, para pemain, pelatih dan para fansnya terlihat seperti sekumpulan orang bodoh.
Dan inilah 13 nama klub sepakbola teraneh di dunia, diantaranya adalah :

1. Chaco For Ever

Klub ini berasal dari negara Argentina bagian utara. Sekilas banyak orang yang mengatakan jikalau nama klub ini terdengar sangat aneh. Chaco For Ever didirikan pada tahun 1913 oleh Klub Atletico Chaco For Ever. Chaco For Ever bermain di liga Argentina dan pernah menjadi bagian inti dari Divisi Primera. Dan Chaco For Ever memiliki seragam yang bercorak hitam dan putih yang khas, sangat mirip dengan seragam Notts County dan Juventus.

2. Deportivo Wanka

Banyak orang yang ragu untuk mengucapkan nama klub ini, Deportivo Wanka karena mengingatkan mereka dengan istilah ‘bankir’. Anda dapat melihat klub yang terletak di negara Peru ini bermain sepakbola di pegunungan Andes. Disinilah mereka bermain sepakbola setinggi 4.000 meter diatas permukaan laut.

Namun uniknya, mereka sama sekali tidak menderita sakit kepala karena kekurangan oksigen. Klub ini sudah berdiri selama kurang dari 20 tahun dan Deportivo Wanka bermain di Huancayo. Mereka dikenal sebagai ‘Wankas’ atau jika didefinisikan mempunyai arti ‘prajurit’.

3. Hearts of Oak

Ada beberapa pemain yang rela memberikan segalanya untuk klub kesayangannya. Darah, keringat dan air mata bahkan harus tumpah diatas lapangan. Kita tahu sebagian orang pasti memiliki hati yang semurni emas, namun para pemain ini tampaknya memiliki Hearts of Oak yang selama ini mengalir didalam pembuluh darah mereka. Hearts of Oak adalah klub sepakbola tertua di Ghana dan pastinya mereka telah memberikan pengaruh besar kepada warga negaranya.

4. Bangkok Bravo FC

Para fans mungkin harus menarik nafas dalam-dalam terlebih dahulu sebelum meneriakkan nama klub ini. Ini adalah klub sepakbola Thailand dan Bangkok Bravo memiliki nama asli yang disebut “Amon Rattanakosin Krung Thep Mahanakhon Mahinthara Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Ayuthaya Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit Bravo Association Football Club”. Bayangkan jika anda seorang penyiar sepakbola dan diharuskan menyebut nama klub ini.

5. NAC Breda

Semua para fans sepakbola di dunia tentu sangat akrab dengan nama NAC Breda, namun nama ini rupanya versi singkat dari nama klub yang sebenarnya. NAC Breda adalah klub sepakbola Belanda dan telah dianggap sebagai salah satu nama tim sepakbola terpanjang dalam sejarah. Hal ini terjadi karena penggabungan kata Noad dan ADVENDO. Nama lengkap dari klub NAC Breda adalah “Nooit opgeven altijd doorgaan, Angenaam door vermaak en nuttig door ontspanning, Combinatie Breda”.

6. The Strongest

Didalam dunia sepakbola, seorang pemain tidak boleh memiliki sikap omong kosong ketika datang untuk bermain, terutama berurusan dengan oposisi. Namun, nama The Strongest membuat klub tersebut terdengar sangat sombong. Sebelumnya, klub ini memiliki nama Gualdinegro dan El Decano, namun kemudian mereka lebih memilih nama yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Klub yang berbasis di Bolivia ini bermain di La Paz. Mereka sering bermain sepakbola di dataran tinggi sehingga tak heran jikalau sampai memakan korban. Mungkin maksud dari nama klub ini adalah “Hanya yang terkuatlah yang dapat bertahan hidup”.

7. Dinamo Bender

Klub ini berbasis di Belarus. Nama klub sepakbola Dinamo Bender diambil dari nama kota Bender, Belaruz dan telah dirubah selama bertahun-tahun. Awalnya mereka menggunakan nama Burevestnik Bender yang bertahan hingga tahun 1958. Lalu mereka mengganti lagi dengan nama Lokomotiv Bender dan Nistrul Bender Pishevik Bender.

8. King Faisal Babes

Siapa yang tahu jika kerajaan bisa menjadi nama klub sepakbola yang aneh dan indah? Klub ini dikenal sebagai King Faisal Babes. Sampai saat ini penamaan klub ini masih menjadi pertanyaan besar, apakah Raja Faisal sungguh terlibat dalam penamaan klub sepakbola ini atau apakah para warganya ingin memberikan penghormatan kepada orang tersebut?

Namun tidak diragukan jika klub King Faisal Babes memiliki banyak penggemar. Babes bermain di Liga Premier Ghana dan memiliki stadion indah yang dapat menampung lebih dari 35.000 orang.

9. Semen Padang

Klub Semen Padang menikmati permainan sepakbolanya di Liga Sepakbola Indonesia. Klub ini berbasis di Sumatera Barat. Pada awalnya klub ini berdiri pada tahun 1980 dan memiliki sponso dari perusahaan semen. Walaupun sekilas nama mereka terdengar aneh, setidaknya logo klubnya terlihat keren.

10. Insurance Management Bears

Klub ini berbasis di Bahama dan masuk ke dalam daftar 10 nama klub sepakbola teraneh sepanjang masa. Pada tahun 1996, Insurance Management Bears didirikan oleh Anton Sealey. Dia menjadi terkenal lantaran menjabat sebagai Presiden FA di Bahama dan inilah yang memberikannya kesempatan besar untuk mendirikan klub. Dibalik itu, Bears pernah memenangkan gelar nasional sebanyak lebih dari 5 kali. Sekilas nama klub ini terdengar seperti sekelompok kolektor.

11. Young Boys of Bern

Klub Young Boys if Bern dianggap sebagai salah satu klub tertua di Swiss. Ia dikenal sebagai Young Boys untuk jangka pendek, dan klub Swiss ini didirikan pada akhir abad ke-19. Nama tim ini muncul berkat pertandingan sepakbola yang diselenggarakan oleh sekelompok mahasiswa di sebuah universitas. Pemain mereka yang paling terkenal adalah Christian Ziegler yang merupakan mantan pemain Tottenham. Young Boys Bern terdengan seperti klub musik atau geng kartun jalanan.

12. Joe Public

Kita semua tentu menyukai secangkir Joe di pagi hari, tetapi bagaimana dengan sebuah klub yang bernama Joe Public? Klub ini berbasis di Trinidad dan Tobago, di pulau Karibia yang indah. Tampaknya setiap orang dapat berpartisipasi dan bermain didalam klub kecil ini. Klub ini didirikan sebagai aksi protes rakyat Trinidad dan Tobago yang namanya tidak dimasukkan ke dalam Piala Dunia 1998, Perancis.

13. Fotballaget Fart

Klub ini didirikan pada pertengahan tahun 1930-an, secarah harfiah Fotballaget Fart dapat merobohkan panas dan dingin. Klub ini berbasis di Norwegia dan bentuknya dapat berubah seperti angina. Klub ini terletak di utara negara, di sebuah tempat yang bernama Vang. Yang lebih menggelikan lagi, para fans setia mereka dijuluki “The Fart” dan mempunyai stadion bernama “Fartbana” yang didirikan pada tahun 1934. Hal ini tentu membuat para tim lawan akan gugup kala berhadapan dengan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *